Searching...
Rabu, 06 Mei 2015

Macam-Macam Jenis Batu Akik Sulaiman Beserta Ciri Dan Gambarnya

Batu cincin akik sulaiman adalah salah satu jenis batu akik yang hingga saat ini masih menjadi incaran para kolektor batu akik di Indonesia, Selain karena keindahan dan keunikannya, jenis batu yang satu ini dipercaya oleh sebagian kalangan di masyarakat kita, memiliki kekuatan magis yang bisa meningkatkan kewibawaan bagi orang yang memakainya. Tak pasti darimana dan sejak kapan awal mulanya, namun konon, banyak orang yang meyakini bahwa jenis batu akik ini dahulu pernah dikenakan sebagai cincin oleh nabi Sulaiman semasa hidupnya.

Macam-Macam Jenis Batu Akik Sulaiman

Batu akik sulaiman memiliki banyak ragam warna dan motifnya, diantaranya yang berhasil kami himpun antara lain :

1. Batu Akik Sulaiman Biru, sesuai warnanya, jenis batu sulaiman ini berwarna biru laut. Batu sulaiman jenis ini cukup mudah ditemui, sehingga harganya relatif terjangkau.
Batu akik sulaiman biru
2. Batu Akik Sulaiman Combong, memilki ciri khas yang sangat mudah dikenali karena terdapat lubang yang membuatnya tampak unik dan istimewa.

Batu akik sulaiman combong
3. Batu Akik Sulaiman Daud, memiliki kombinasi warna gelap, antara hitam atau coklat yang bercampur dengan abu-abu. Jenis batu sulaiman yang satu ini terbilang cukup langka, sehingga tidaklah heran jika terkadang batu ini memiliki harga yang cukup fantastis.
Batu akik sulaiman daud
4. Batu Akik Sulaiman Emas, sesuai namanya, jenis batu sulaiman ini berwarna kuning keemasan. Baatu ini banyak dipakai oleh para pengusaha karena dipercaya dapat menarik rezeki. Selain itu, warna emas juga sering direpresentasikan dengan kekayaan dan kemakmuran.
Batu akik sulaiman emas
5. Batu Akik Sulaiman Hijau, batu ini patut Anda miliki, karena warna hijau yang dimilikinya sangat memukau, sekilas hampir menyerupai warna pada batu giok.
Batu akik sulaiman hijau
6. Batu Akik Sulaiman Hitam, berwarna hitam pekat yang membuatnya tidak tembus cahaya, namun memiliki serat yang masih dapat terlihat.
Batu akik sulaiman hitam
7. Batu Akik Sulaiman Junjung Derajat, memiliki motif berupa garis berlipat atau bersiku membentuk segitiga yang biasanya mengarah ke bagian sisi.
Batu akik sulaiman junjung derajat
8. Batu Akik Sulaiman Kinyang Air, memiliki warna bening seperti air. Kadang terdapat pola tertentu dengan komposisi warna hitam, kuning dan putih susu.
Batu akik sulaiman kinyang air
9. Batu Akik Sulaiman Kuning, berwarna kuning terang. Seperti halnya jenis batu sulaiman yang berwarna biru, batu sulaiman kuning juga cukup banyak dipasaran, maka biasanya harganya pun tidak terlalu mahal.
Batu akik sulaiman kuning
10. Batu Akik Sulaiman Kurung, berwarna kuning, coklat ataupun putih dengan pola mengelilingi (mengurung) warna lain yang lebih gelap, seperti coklat dan hitam.
Batu akik sulaiman kurung
11. Batu Akik Sulaiman Madu, corak warnanya kekuningan hingga oranye, sehingga menyerupai madu.
Batu akik sulaiman madu
12. Batu Akik Sulaiman Mata,  kadang disebut juga dengan julukan batu mata dewa. Hal ini dikarenakan batu ini memiliki pola bulatan warna (ada yang putih, coklat dan kehitaman) secara bersusun, sehingga tampak seperti mata.
Batu akik sulaiman mata
13. Batu Akik Sulaiman Pancawarna, memiliki corak warna yang paling bervariasi hingga beberapa warna. Batu sulaiman jenis ini juga cukup langka, sehingga terkadang harganya terbilang mahal.
Batu akik sulaiman pancawarna
14. Batu Akik Sulaiman Sarang Tawon, memiliki corak atau motif seperti sarang tawon yang unik, biasanya cenderung didominasi warna kekuningan.
Batu akik sulaiman sarang tawon
15. Batu Akik Sulaiman Susu, memiliki warna yang didominasi oleh warna putuh susu.
Batu akik sulaiman susu
16. Batu Akik Sulaiman Tapak Jalak, memiliki motif bersilang yang mirip dengan tapak kaki burung jalak.
Batu akik sulaiman tapak jalak
17. Batu Akik Sulaiman Wulung, terkadang dikenal juga dengan nama batu akik sulaiman kecubung wulung. Memiliki corak warna ungu tua atau ungu kehitaman.
Batu akik sulaiman wulung
Batu akik sulaiman, adalah salah satu jenis batu akik yang paling banyak dipalsukan di pasaran oleh para pedagang yang tidak bertanggung jawab. Hal tersebut mereka lakukan untuk memperoleh keuntungan besar dengan cara-cara yang tidak terpuji. Modus mereka (para pedagang nakal - red) sangatlah bervariasi, dari mulai menjual batu palsu (non natural) sampai dengan menukar jenis batu yang harganya lebih murah namun mempunyai kemiripan dengan jenis batu sulaiman ini.

Hal ini tentulah sangat merugikan para pencinta batu akik (khususnya para pemula) yang belum terlalu menguasai seluk-beluk dunia batu akik, namun berniat untuk membeli atau memiliki jenis batu cincin akik sulaiman ini. Untuk itu, ada baiknya Anda membaca artikel tentang Cara Membedakan Batu Akik Asli Dengan Yang Palsu yang pernah kami posting sebelumnya.
Tips cara membedakan batu akik asli dengan yang palsu
Akhir kata, tentu semua keindahan maupun semua mitos-mitos yang melekat pada batu akik sulaiman ini harus kita sikapi secara wajar dan bijaksana (khususnya bagi orang-orang yang memang meyakininya), agar tidak membuat kita terjebak ke dalam perbuatan yang bersifat bersifat syirik yang dapat merusak keimanan dan aqidah kita.

Justru, semua hal tersebut sudah seharusnya membuat kita semakin meyakini bahwa tidak ada hal yang tidak mungkin bagi Allah SWT, dan tidak ada kekuatan apapun yang dapat menandingi kekuasaan-Nya, selaku Pencipta seluruh alam semesta ini.

Demikian artikel ini dibuat. Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan kita semua, terutama bagi para pencinta batu akik di seluruh Nusantara.

Kritik, saran, maupun komentarnya sehubungan dengan artikel yang berjudul : Macam-Macam Jenis Batu Akik Sulaiman Beserta Ciri Dan Gambarnya ini, sangatlah kami nantikan.

Terima kasih, salam Gemlovers! - [Gemspedia]

4 komentar:

  1. Ma kasih bang atas infonya tentang batu akik sulaiman,sangat bermanfaat buat pecinta batu akik pemula seperti saya.

    BalasHapus
  2. Masa sih sulaiman biru paling banyak dan murah?
    Jarang sekali ketemu sulaiman biru!

    BalasHapus
  3. Jadi batu sulaiman ini sebenarnya batu apa? Jenisnya gitu loh Pak.

    BalasHapus

 
Back to top!